Resep dan Cara Mudah Membuat Bakso Goreng Gurih dan Enak

Resep  Bakso Goreng Gurih dan Enak - Bakso adalah makanan khas indonesia. Makanan ini cukup populer kita dapat menjumpainya di dimana-mana, biasanya bakso dihidangkan dengan kuah dan mie. Untuk anda pecinta Bakso, mungkin pernah menikmati aneka jenis rasa bakso, mulai dari bakso urat, bakso kotak, tahu bakso dan lain sebagainya. Mungkin sebagian dari anda belum pernah merasakan  bakso goreng. Penyajian bakso goreng sangat digemari oleh anak sekolah yang didapat dari penjual yang berada disekolah-sekolahnya. Tapi bahan yang dibuat bakso goreng aman tidakaman untuk dikonsumsi? Atau malah bahannya tidak layak dikonsumsi. Alasan itu bukan tanpa sebab, banyak  informasi yang beredar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih, penjual bakso menghalalkan segala cara dengan menyampurkan pewarna, formalin, borak dll.
Jika anak anak suka bakso goreng, untuk menyikapinya alangkah baiknya dibuatkan bekal bakso goreng dari rumah. Cara membutnya tidah susah kok, bagi anda yang belum tahu caranya jangan kawatir, akan kami beberkan  resep rahasianya cara mudah membuat bakso goreng gurih,renyah, enak dan lezat dengan bahan yang aman dan sehat supaya layak dikonsumsi.

Resep dan Cara Mudah Membuat Bakso Goreng Gurih dan Enak
Resep dan Cara Mudah Membuat Bakso Goreng Gurih dan Enak

Seperti  apakah Cara Mudah Membuat Bakso Goreng Gurih dan Enak? yuk kita simak ulasannya dibawah ini.

Resep rahasia Membuat Bakso Goreng Gurih, enak dan lezat.

Bahan-Bahan Untuk Bikin Bakso Goreng Yang Lezat:
  • 50 gram tepung panir berkualitas.
  • 3 siung bawang merah yang segar.
  • 100 gram daging ayam atau daging sapi yang sudah digiling.
  • Siapkan Garam yang bagus secukupnya.
  • Sediakan  minyak goreng yang bagus sesuai kebutuhan.
  • 1 sendok teh baking soda.
  • Siapkan 20 gram tepung tapioka dan merica secukupnya.
  • Siapkan  1 butir telur dan ambil kuningnya. 
  • 2 siung bawang putih yang segar.

Cara Membuat Bakso Goreng  Gurih, enak dan lezat

Setelah semua bahan-bahan sudah lengkap  tersedia, selanjutnya kita akan segera membuat bakso gorengnya. Perhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan garam, bawang putih, bawang merah dan merica kemudian haluskan, boleh secara bersamaan atau sendiri-sendiri.
  2. Langkah berikutnya campur semua bumbu yang sudah dihaluskan tadi aduk sampai rata, kemudian campur dengan baking soda, daging sapi/ayam yang sudah digiling halus, 25 gram atau separoh tepung panir dan kuning telur. Sebaiknya menggunakan food processor atau blender biar hasil pencampurannya rata dan maksimal. 
  3. Kemudian untuk mendapatkan adonan yang kenyal, masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit.
  4. Langkah selanjutnya bentuk adonan sesuai selera, kalau  pada umumnya bentuk bakso sih bentuknya bulat kayak bola pimpong.hehe 
  5. Selanjutnya siapkan tempat untuk merebus adonan yang sudah dibentuk tadi, lama merebus sekitar 16 sampai 20 menit. Coba hirup aromanya, sedap kan?
  6. Selesai direbus, lalu angkat dan taruh dipiring. Selanjutnya tepung panir yang yang masih tersisa separoh tadi  kemudian lumurkan ke bakso yang sudah direbus tadi. Sekarang saatnya  goreng bakso jangan lupa kasih minyak goreng secukupnya ok.
  7. Apabila bakso sudah berwarna kuning kecokelatan berarti sudah matang, siap deh untuk diangkat dan tiriskan.

Taraa.... Bakso Goreng  Gurih,  enak dan lezat siap disajikan.


Catatan kecil:
Alangkah baiknya dalam memilih bahan bakso  menggunakan daging sapi yang berkualitas, karena daging sapi bisa membuat aroma dan rasa khas. Jangan lupa mencuci alat dan bahan-bahan yang kita gunakan supaya higienis dan bakso sehat dikonsumsi.
Selamat memasak bakso goreng, semoga enak dan lezat. Sekian dari kami, terimakasih.

Baca juga : Resep rahasia Kue Kering Kacang yang lezat cocok untuk lebaran tahun ini.

Komentar