Resep dan Cara Membuat Kue Kukus Pisang Legit Spesial Gurih dan Lembut

Resep Kue Kukus Pisang Legit – Kue kukus merupakan salah satu makanan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang legit dan nikmat. Untuk membuat kue kukus tidak membutuhkan bahan-bahan yang sulit didapatkan. Mari kita belajar cara membuat kue kukus pisang legit spesial dengan tangan kita sendiri agara lebih terasa nikmat ketika dinikmati bersama keluarga dirumah.

Kue pisang kukus memiliki citarasa lembut dan lezat ketika di nikmati, jika pada mulanya kue kukus hanya dibuat dengan rasa coklat maka sekarang dengaan tambahan buah pisang segar kita bisa membuat varian kue kukus yang memiliki citarasa beda dan mungkin lebih nikmat dari kue kukus versi sebelumnya. Bagi penasaran ingin mencobanya silahkan baca ulasan singkat ini hingga selesai dengan bahan-bahan, alat serta cara pembuatannya.

Dengan menambahkan bahan berupa buah pisang segar kedalam kue kukus maka secara tidak langsung kita akan mendapatkan manfaat lain dari memakan kue kukus yang ada pisangnya, sebagaimana kita tahu bahwa buah pisang amat banyak manfaatnya untuk kesehatan seperti dapat melancarkan pencernaan juga sebagai anti oksidan. Pisang juga sagat bagus untuk kesehatan jantung serta kandungan vitamin A yang terdapat pada pisang juga sangat baik untuk kesehatan mata.

Resep kue pisang kukus tepung terigu
kue kukus pisang ambon

Resep Mudah Membuat Kue Kukus Pisang yang Gurih dan Nikmat


Untuk membuat kue kukus pisang  legit terlebih dahulu kita akan menyiapkan beberapa alat seperti Wadah, Timbangan, Balnder, Mixer, Ayakan, Loyang serta alat pengukus. Selanjutnya kita juga harus menyiapkan beberapa bahan utamanya.

Bahan Kue Kukus Pisang Legit


  • Telur sebanyak 3 butir
  • Baking powder sebanyak Setengah sendok teh
  • Meises untuk taburan kura-kira 75 gram
  • Pisang ambon sebanyak 200 gram
  • Minyak goreng sebanyak 100 ml
  • Setengah sendok teh garam atau secukupnya
  • Emulsifier (sp/tbm) 1 sendok teh saja
  • Gula pasir sebanyak 75 gram
  • Gunakan gula palem sebanyak 50 gram
  • Tepung terigu protein sedang sebanyak 120 gram


Cara Membuat Cake Pisang Kukus Legit Spesial


  1. Masukkan pisang dan minyak ke dalam blender dan lumat hingga halus kemudian sisihkan.
  2. Selanjutnya masukkan beberapa bahan seperti telur, gula pasir, gula palem, garam, dan emulsifier kedalam tempat untuk mencampur dan kocok hingga rata dan mengembang. Kemudian tambahkan tepung terigu dan baking powder dengan cara sambil diayak dan aduk kembali hingga rata.
  3. Langkah selanjutnya adalah memasukkan campuran pisang secara bertahap sambil diaduk hingga bercampur rata. Dan bagi adonan menjadi dua bagian.
  4. Selanjutnya siapkan loyang dengan ukuran 24x10x7 cm, alasi dengan kertas roti kemudian tuang adonan bagian pertama.
  5. Adonan dalam loyang kemudian dikukus selama 10 menit dengan api sedang dan taburi dengan meises. Kemudian tuang sisa adonan dan kukus selama 15 menit sehingga kue menjadi matang.


Untuk menghasilkan kue kukus yang lembut, maka saat memblander pisang upayakan sehalus mungkin. Dan untuk menghindari kue kukus bantat dan matang sempurna maka penutup pengukus sebaiknya di lapisi dengan kain supaya air tidak menetes kebawah dan mengenai kue yang sedang dikukus.

Dengan mengikuti cara pembuatan kue kukus pisang diatas maka kue kukus pisang legit dapat kita dapatkan dengan mudah dirumah. Bahkan keluarga juga dapat turut menikmati kelezatan kue kukus buatan kita sendiri. Silahkan dicoba dan semoga berhasil.

Ulasan Lainya Silahkan Lihat Tentang :  Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal alami dan nikmat

Komentar