Resep Kue Bolu Kukus Mekar Merekah Warna - Warni Pelangi

Resep Kue Bolu Kukus Mekar Merekah Warna - Warni Pelangi –  Kue Bolu kali ini sangat menggugah selera. Bagaimana tidak! Dengan bentuk dan warna yang imut,unyu dan lucu, pasti setiap orang yang melihatnya ingin menikmatinya. Kue khas indonesia ini sangat terkenal dengan kenikmatannya, biasanya kue bolu diolah dengan cara  cara dipanggang didalam oven, namun tak usah khawatir jika belum punya oven, kita tetep bisa membuat  bagi yang belum memiliki oven tak usah khawatir, kita tetap bisa membuat Kue Bolu Kukus Mekar Merekah Warna - Warni Pelangi yang nikmat dengan cara dikukus.


Resep Kue Bolu Kukus Mekar Merekah Warna - Warni Pelangi
Resep Kue Bolu Kukus Mekar Merekah

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu kukus hampir sama dengan beberapa jenis bolu panggang lainnya. Yang membedakan, untuk penggunaan telur hanya menggunakan kuning telurnya saja. Putih telur bisa di manfaatkan untuk membuat yang lain.


Untuk  resep kue Bolu kali ini, hanya menggunakan pewarna merah muda saja untuk  variasi warna pada pucuk bolu kukus. Namun anda bisa  mencoba dengan  menambahkan pewarna makanan lain untuk mendapatkan hasil yang lebih bervariatif. Untuk mendapatkan  cetakan bolu kukus anda bisa membeli  di toko bahan membuat kue.


Waktu yang kita butuhkan dalam membuat Kue Bolu sekitar 1 jam, 45 menit untuk memasak serta penyajian  dan 15 menit untuk persiapan pada awal memasak. Namun waktu tersebut tak akan terasa lama jika membuatnya dengan sepenuh hati, apalagi disajikan special untuk keluarga yang ada dirumah. yuk.... kita simak bersama cara pembuatannya.



Cara Membuat Kue Bolu Kukus Mekar Merekah Warna - Warni Pelangi


Bahan - Bahan Kue Bolu Kukus :

  • Sediakan gula pasir 75 gram
  • 3 butir telur dan ambil kuningnya
  • soda kue ¼ sedok teh
  • Baking soda sekitar 80 ml
  • Vanili Bubuk 1/4 Sendok teh
  • Sedikit Pewarna merah muda, sekitar 1/2 sdt
  • Tepung terigu 150 gram


Cara membuat Kue Bolu Kukus Mekar Merekah 


Setelah bahan sudah terkumpul dengan lengkap, saatnya kita memulai membuat kue bolu kukus simak dengan seksama langkah-langkah berikut ini:



  1. Langkah pertama Campurkan kuning telur, gula dan  vanili bubuk, kemudian kocok  hingga kental, mengembang  dan berubah warna menjadi putih.
  2. Siapkan tepung terigu dan bakingsoda. ayak tepung terigu, masukkan dengan perlahan kedalam kocokan telur dan  bergantian dengan air soda sedikit demi sedikit, sambil diaduk sampai adonan tercampur dengan rata.
  3. Ambil seperrempat bagian dari  adonan, kemudian campurkan dengan ½ sendok teh dan aduk sampai tercampur rata.
  4. Persiapkan panci untuk mengukus dan isi dengan air, kemudian taruh di atas kompor kita tunggu sampai mendidih.
  5. Sediakan kertas mangkuk/ kertas roti untuk mengalasi cetakan bolu kukus.
  6. Selanjutnya masukkan adonan yang berwarna putih hingga setengah bagian cetakan roti dan taruh sedikit adonan merah muda di bagian atasnya.
  7. Langkap terakhir Kukus dengan api yang besar selama 10-12 menitan.


Untuk adonan Kue Bolu kukus mekar di atas bisa di buat untuk 12 biji. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal  disarankan jangan sampai membuka tutup kukusannya  dan lapisi dengan  serbet kain pada tutup kukusannya agar kue bolu kukus tidah kejatuhan uap air, karena  uang air yang jatuh ke  kue bolu kukus dapat mengakibatkan kue  bolu kukus tidak mekar mengembang alias bantat.

Saya rasa Cara membuat Kue Bolu Kukus Mekar Merekah Warna - Warni Pelangi  ini tidaklah sulit untuk dipraktekkan, Kue Bolu Kukus yang disajikan akan terasa istimewa dengan membuatnya sendiri. Semoga bermanfaat dan jangan sampai dilewatkan resep lainnya seperti dibawah ini:


Komentar